MUSIK TRADISIONAL DAERAH CERENTI CITY

Assalamu'alaikum melalui tulisan ini saya akan menampilkan 2 musik tradisional daerah cerenti, yaitu randai dan dzikir,nah ! sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang musik tradisional dari daerah kami tersebut. dzikir itu merupakan sebuah acara dimana kita menyanyikan lagu daerah yang diringi oleh beberapa alat musik,khususnya lagu daerah kami sendiri yaitu lagu daerah Cerenti,sedangkan randai adalah sebuah acara musik yang biasanya ditampilkan pada waktu tertentu contohnya pada saat ada acara perkawinan yeng bertujuan untuk menghibur penonton ataupun masyarakat . Adapun hal-hal yang akan dijelaskan adalah sbb :

pertanyaan :

1. Berikan contoh musik tradisional yang ada di daerah anda masing-masing minimal 2 jenis musik !

2. Jelaskan ciri-cirinya !

3. Sebutkan instrumen-instrumen yang dipakai !

4. Jelaskan fungsi dari musik tradisional tersebut !

5. Adakah ciri-ciri khusus alat musik tersebut,misalnya unik,individual,universal,ekspresif dan survival

6. Sebutkan instrumen tradisional / modern menurut bunyinya !



JAWABAN / PENJELASAN:

ada 2 musik tradisional yang ada di daerah kami,yaitu randai dan dzikir
adapun ciri-ciri dari randai adalah didalamnya terdapat sebuah cerita percintaan atau keluarga yang sering disajikan dengan berpantun sambil menyanyikannya sedangkan ciri musik dzikir adalah disini hanya ada 2 alat musik yang mendominasi permainan ini.
sedangkan instrumen yang dipakai merupakan instrumen tradisional berupa gong( IDEOFON),rebana(MEMBRANOFON),dan suling(AEROFON). (instrumen pukul,instrumen tiup
fungsi dari musik tradisional ini lebih dominan dipergunakan sebagai hiburan untuk masyarakatsekaligus juga menjadikan permainan musik ini sebagai sarana pencari nafkah dengan tampil ke beberapa sekolah ataupun mengisi acara perkawinan.Tapi,terkaang musik ini jufga sering ditampilkan dalam upacara-upacara adat.
ada beberapa ciri khusus dari 2 permainan musik ini yang pertama bersifat survival,karena dari dulu sampai sekarang musik ini masih bisa bertahan,lalu bersifat universal karena sudah berkembang menyeluruh di kalangan masyarakat.

sedangkan penggolongan instrumen musik tradisional dan modern menurut bunyinya adalah sebagai berikut :

1. gong , mempunyai sumber bunyi berupa ideofon yaitu berasal dari getarannya sendiri
2. rebana , mempunyai sumber bunyi berupa membranofon yaitu bunyinya berasal dari membran atau kulit yang dipasang pada sebuah tabung.
3. suling , mempunyai sumber bunyi berupa aerofon yaitu sumber bunyinya berupa udara atau aero yang ditiupkan.


sekian penjelasan tentang musik yang ada di daerah kami CERENTI CITY !!!! HORREEEE !!!
terima kasih atas perhatiannya mohon ma'af atas segala kekurangan.,
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
1 Response
  1. pak muliadi Says:

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.